Minggu, 18 November 2012

Beauty: Nail Art


More Beauty with Nail Art
Oleh : Nur Ida Zuhayanti



Menghias kuku tak sekadar memolesnya dengan cat kuku saja lho. Kreasi nail art ini akan lebih mempercantik penampilan Anda.

Sesekali kita tentu ingin tampil sempurna pada acara spesial. Tidak hanya sebatas riasan wajah dan tatanan rambut saja yang menjadi perhatian, tapi pesona kuku juga dapat ditonjolkan. Kuku yang merupakan bagian dari lentiknya jemari, dapat dipercantik dengan kreasi nail art ini. Tidak hanya dipoles dengan cat kuku polos saja, tapi juga bisa dilukis dan dikreasikan dengan berbagai asesoris dalam desain yang selaras, sehingga akan menjadi pelengkap fashion yang dapat mempercantik penampilan.

Menghias kuku dengan teknik nail art ini sebenarnya sudah dikenal sejak lama. Para permaisuri raja dan perempuan bangsawan biasa menghiasi kukunya agar terlihat lebih cantik dan seksi. Ratu Cleopatra misalnya, juga perempuan ningrat dan bangsawan Jepang, India serta China. Budaya menghias kuku telah akrab dilakukan, bahkan konon untuk menunjukkan status sosial mereka.

Ekspresi berbagai desain
Dalam menghias kuku dengan nail art , kita bisa  melakukannya langsung pada kuku asli. Tapi bila kuku bermasalah, seperti rusak, rapuh atau kurang panjang, bisa juga memanfaatkan nail extension. “Namun demikian, sebelum mulai menghias, pastikan kondisi kuku dalam keadaan sehat dan bersih,” terang Tania, Art Director of Color Club, Nail Master yang mengajari saya teknik menghias kuku ini. Siang itu, saya sempat mengikuti kelas intensif bersama beberapa peserta yang rata-rata sudah punya salon. Dan ternyata, dalam berekspresi lewat nail art memang tidaklah terlalu sulit. Hanya diperlukan ketelatenan dan sedikit imajinasi.

Di atas kuku plastik itu saya mulai mencoba berkreasi, mendesain nail art satu demi satu. Mengawali dengan memoles, melukis dan memadukan warna, lalu menghias dengan asesoris seperti batu-batu swarosky kecil, yang disebut nail jewelry serta cincin atau nail ring. Hm…, asyik juga rupanya. Kreasi ini tidak dibatasi oleh pakem tertentu, tergantung ekspresi kita dalam mendesain. Bentuknya bisa saja abstrak, flower style, classic, animal print serta desain apapun yang disesuaikan dengan tema fashion serta occasion tertentu.

Agar nail art terlihat lebih indah dan mewah, kita perlu mengenali asesoris yang akan dipergunakan. Aneka macam stiker, baik yang flat maupun tiga demensi, rainstone atau batuan dari plastik, kain, renda, glitter kering dan pasir logam melalik. “Untuk acara tertentu, seperti wedding, misalnya, asesoris nail art swarosky dari Austria maupun India akan dapat memunculkan kesan glamournya. Sementara untuk nuansa girly, kita bisa menggunakan aksen renda,” jelas perempuan asal Jerman yang telah menekuni bidang ini sejak SMA. Karena itulah barangkali para artis dan entertainer kelas dunia banyak yang menghias kukunya dengan nail art untuk menunjang performance mereka. Bila Anda juga ingin mencoba kreasi ini, maka yang perlu dipersiapkan adalah

Bahan yang diperlukan, antara lain:
-          Nail polish untuk warna dasar
-          Polish nail art berbagai warna, baik polos,  glitter maupun metalik
-          Asesoris seperti stiker, swarosky, renda dan pasir sesuai dengan desain yang diinginkan
-          Vita base untuk melindungi kuku
-          Jet coal untuk finishing agar mengkilap dan tahan lama
-          Ring bila ingin berekspresi dengan nail ring

Peralatan yang dibutuhkan
-          Kuas nail art
-          Pinset
-          Gunting
-          Wood stick
-          Bor kuku dan tang untuk nail ring

Tahapan - tahapannya
-          Siapkan media nail art, langsung ke kuku asli atau nail extension setelah bersih dan rapi.
-          Oleskan vita base untuk melindungi kuku
-          Beri nail polish sebagai warna dasar, seperti neon untuk warna terang dan pink untuk kesan soft.
-          Lakukan desain nail art sesuai keinginan. Padukan untuk warna-warna terang lebih dahulu, kemudian warna yang lebih gelap.
-          Beri asesori sesuai dengan kebutuhan desain. Bila asesori bersifat kering seperti renda, pasir metalik atau glitter dan swarosky, letakkan selagi kutek masih basah. Sedangkan untuk asesori yang bersifat basah, seperti stiker 3D yang memiliki lem perekat, tempelkan setelah setengah kering.
-          Bila ingin memberi nail ring atau anting pada kuku ( biasanya untuk nail exstension) lakukan pemboran setelah kering
-          Setelah semuanya rapi, jangan lupa saputkan jet coat secara merata sebagai finishing. Hal ini selain memberi efek mengkilap juga agar nail art lebih awet.

Kreasi nail art ini bisa bertahan hampir dua minggu untuk kuku asli, sedangkan pada nail extension bisa lebih dari sebulan karena kuku lebih keras. Nah, kalau Anda ingin berekspresi dengan nail art ini, bisa datang ke studio Color Club di Jl Senopati 110, Jakarta Selatan atau bisa belajar secara intensif selama dua minggu di Color Club Nail Academy di Duraskin Centre Jl. Kaji 36, Jakarta Pusat, telp. 021-633-1513 dengan biaya sekitar Rp.6.500.000,-. Lets try this activities..***NZ

Boks.
Tips Cantik dengan Nail Art

-        Sebelum menggunakan nail polish, hendaknya menggunakan vita base coat untuk melindungi kuku dan memberi vitamin.
-       Desain nail art sebaiknya tidak lebih dari 45 % dari permukaan kuku agar tetap terlihat manis dan tidak over load.
-          Bila memilih bentuk desain yang besar dan hampir penuh, ada baiknya bila di setiap tangan hanya di nail art pada dua jari saja, dan yang lain polos.
-          Bagi yang menggunakan nail extension, ujung tidak boleh lebih dari 30% untuk sisi estetikanya.
-          Beri jet coat setiap malam agar nail art lebih awet dan tetap terlihat cantik
-          Bila ingin dihapus, pakailah polish remover ariston free .***


Tidak ada komentar:

Posting Komentar